Jumat, 20 Mei 2022

C-174 – Kis. 15:22-31 – “Sebab adalah keputusan Roh Kudus dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu” (ay 28)

MEMAHAMI PERASAAN ‘ORANG LUAR’

  1. Berbeda dengan reaksi ‘keras’ sementara orang Kristen asal Yahudi, yang tidak sanggup membayangkan, bahwa seseorang dapat menjadi murid Kristus tanpa takluk pada ketetapan-ketetapan hukum dan adat Yahudi (ay 1-2), surat para rasul dan para penatua di Yerusalem kepada saudara-saudaranya yang berkebangsaan lain, bernada sangat toleran. Dalam surat tersebut hanya tercantum beberapa kekecualian saja, yang harus diperhatikan orang-orang Kristen asal Yunani, bila mereka makan bersama-sama dengan saudara-saudara mereka seiman namun tidak seasal (ay 29).
  2. Pendeknya sungguh-sungguh diusahakan, supaya orang-orang asing yang menjadi anggota jemaat Kristen, tidak merasa diri asing di rumahnya sendiri.

Yoh. 15:12-17 – “Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya” (ay 13)