Rabu, 11 Mei 2022

C-165 – Kis. 12:24 – 13:5a – “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka” (ay 2)

GETTO TIDAK SESUAI DENGAN AGAMA KRISTEN

  1. Pertemuan liturgis jemaat Antiokhia ini sungguh-sungguh penting, sebab pada akhir pertemuan tersebut, jemaat melepaskan dua orang murid supaya mereka pergi mewartakan Injil di tempat-tempat yang ditetapkan Roh Kudus. Untuk pertama kalinya, dalam sejarah Gereja, pengutusan untuk mewartakan Injil disadari sebagai suatu kebutuhan hakiki iman Kristen. Selama ini penyebarluasan agama Kristen terjadi secara kebetulan saja, yaitu hanyua pada kesempatan-kesempatan tertentu saja. Mulai sekarang orang-orang Kristen meraa diri diutus kepada “orang-orang lain.” Itu terjadi berkat pengalaman jemaat yang telah memahami keorisinilan agamanya. Pada saat itu pula baik orang-orang Kristen asal Yahudi maupun yang bukan Yahudi telah menemukan kebersamaannya.
  2. Mereka yang “sudah terkumpul”, berkumpul untuk mengumpulkan orang lain juga, dan bukan untuk menutup diri dalam getto pelbagai upacara dan ibadat puji-pujian.

Yoh. 12:44-50 – “Barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku” (ay 45)

Leave a Reply