Selasa, 03 Mei 2022 – St. Filipus dan Yakobus Rasul

C-157 – 1Kor 15:1-8 – “Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci” (ay 3)

SYAHADAT PARA RASUL

  1. Jemaat Kristen di kota Korintus mengajukan kepada Paulus beberapa pertanyaan mengenai kebangkitan umum. Persoalan ini memang serius. Paulus menyadari, bahwa secara hakiki iman Kristen berlandaskan kebangkitan Kristus. Tetapi iman akan kebangkitan ini sama sekali tidak berlandaskan suatu ajaran tertentu. Iman itu berlandaskan peristiwa Paskah dan timbul berkat pemberitaan (ay 2) yang berturut-turut disampaikan oleh sejumlah saksi saja (ay 5-7). Salah satu saksinya ialah Paulus sendiri, walaupun ia menempati tempat terakhir dalam daftar tersebut (ay 8).
  2. Syahadat yang pertama ini tentu saja diambil alih oleh Paulus dari jemaat Kristen di kota Yerusalem. Beberapa unsur yang muncul kemudian, seperti penampakan Yesus kepada beberapa wanita, belum disinggung dalam syahadat ini. Mengingat bahwa para penerima suratnya dahulu masih kafir. Paulus bertitik tolak dari kesaksian para rasul dan kurang memperhatikan buklti-bukti dari Alkitab.

Yoh 14:6-14 – “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (ay 6)