Jumat, 22 April 2022

C-146 – Kis. 4:1-12 – “Keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya dapat diselamatkan” (ay 12)

MEMAKLUMKAN NAMA YESUS

  1. Dalam bacaan ini termuat pidato rasul Petrus terhadap Mahkamah Agama Yahudi. Petrus dan Yohanes ditahan, sebab mereka menyembuhkan seorang lumpuh dan dengan demikian melanggar peraturan, yang melarang orang Yahudi berhubungan di daerah Bait Allah dengan orang-orang sakit.
  2. Mujizat penyembuhan (ay 10) dan karunia keselamatan terjadi dalam nama Yesus. Devosi orang-orang Kristen pertama kepada Nama Yesus menunjukkan kesadaran mereka yang semakin maju, bahwa peristiwa yang paling menentukan dan yang menandai kedatangan akhir zaman, bukannya ‘kembalinya’ Kristus yang masih diharapkan itu, melainkan Paskah-Nya. Yesus tidak kelihatan lagi, tetapi para murid-Nya dapat melakukan segala sesuatau “dalam Nama-Nya.”
  3. Percaya akan Kristus berarti percaya, bahwa kemenangan-Nya atas dosa dan maut dapat diperpanjang. Akhir zaman telah dimulai secara mengagumkan!

Yoh 21:1-14 – “Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh” (ay 6)