Selasa, 19 April 2022

C-143 – Kis. 2:36-41 – “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus” (ay 38)

TOBAT SEORANG YAHUDI

  1. Teks ini memuat akhir pidato Petrus, yang diucapkannya pada hari raya Pentakosta.
  2. Setelah memaklumkan imannya akan kemesiasan dan ke-Tuhanan Yesus yang disalibkan (ay 36), Petrus berseru kepada para pendengarnya, supaya mereka bertobat untuk memperoleh pengampunan dosa yang diberikan dengan cuma-cuma dan disahkan dalam baptisan “dalam nama Yesus Kristus” (ay 38).
  3. Tobat yang dikehendaki Petrus itu berlatar belakang paham yang lazim di kalangan Yahudi. Israel berdosa, sebab tidak mau mengakui Mesias dalam diri orang yang mendesak, supaya mereka melepaskan hak-hak yang mereka miliki. Bertobat berarti bersikap sebaliknya, yaitu melepaskan hak-hak tersebut, mengakui iman akan Kristus serta menerima baptisan dalam Roh (ay 38). Baptisan itu mengikutsertakan manusia dalam persekutuan kemesiasan akhir zaman.

Yoh 20:11-18 – “Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu” (ay 17)