Minggu, 17 April 2022 – HARI RAYA PASKAH

C-141 – Kis:10:34a.37-43 – “Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya” (ay 43)

KEBANGKITAN KRISTUS MENDAHULUI PEMBAHARUAN UMAT

  1. Dalam bacaan ini dikutip sebagian pidato Petrus di rumah Kornelius. Sejumlah unsur dalam pidato ini mencerminkan gaya bahasa dan gagasan Lukas, penyusunnya. Tetapi ada pula di dalamnya sejumlah unsur teologi orang-orang Kristen pertama mengenai kebangkitan Yesus.
  2. Kebangkitan Kristus tidak dapat dipisahkan dari proses pembangunan Kerajaan Allah yang definitif. Sebab berkat kebangkitan, Kristus telah diangkat menjadi “Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati” (ay 42), supaya orang-orang yang benar dapat mengambil bagian dalam kebangkitan umum, yang akan mendahului saat ditegakkannya Kerajaan Allah secara nyata.
  3. Teks ini dengan amat jelas menunjukkan, betapa kuatlah pola pemikiran Yahudi mengenai akhir zaman dalam pemikiran dan pembicaraan orang-orang Kristen purba.

Yoh.20:1-9 – “Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati”