Sabtu, 16 April 2022 – SABTU SUCI

C-140 – Kel. 14:15-15:1 – Ketika dilihat oleh orang Israel, betapa besarnya perbuatan yang dilakukan Tuhan terhadap orang Mesir, maka takutlah bangsa itu kepada Tuhan dan mereka percaya kepada Tuhan dan kepada Musa, hamba-Nya itu: (ay 31)

BANGSA YANG DIBENTUK ATAS PRAKARSA ALLAH

  1. Penyeberangan Laut Merah oleh orang-orang Ibrani merupakan peristiwa yang amat besar, sebab berkat peristiwa itu orang-orang Ibrani secara nyata memperoleh kemerdekaan dan terlepas dari perbudakan di negeri Mesir. Boleh dikatakan begini: Peristiwa penyeberangan Laut Merah itu merupakan kesatuan utuh dengan hari jadi bangsa Israel. Maka dapat dimengerti, bahwa peristiwa itu dikisahkan dalam bentuk sebuah epos yang hebat. Corak “epos” memang amat disukai oleh bangsa-bangsa kuno dan selalu dipakai dalam cerita-cerita mengenai asal-usulnya. Oleh karena bangsa Israel menganggap dirinya sebuah bangsa yang dipilih Allah sendiri, maka dengan sendirinya pula epos mengenai penyeberangan Laut Merah itu menjadi sebuah epos tentang sebuah karya Allah terhadap mereka.
  2. Sungguh tidak berlebihanlah, bila kita pun merayakan kelahiran bangsa Israel itu. Sebab bangsa itu adalah bangsa pertama yang menyadari, bahwa Allah hadir dalam sejarah, yang dijalani dan dibentuk manusia.

Mrk. 16:1-7 – “Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia” (ay 6)