Sabtu, 09 April 2022

C-133 – Yeh. 37:21-28 – “Aku akan memberkati mereka dan membuat mereka banyak dan memberikan tempat kudus-Ku di tengah-tengah mereka untuk selama-lamanya” (ay 26)

MENGAKHIRI PERPECAHAN

  1. Yehezkiel adalah seorang nabi yang mempunyai andil besar dalam pembaharuan bangsa Yahudi..Gagasan-gagasan yang sejak dahulu sudah menggemakan pembaharuan itu, seperti: gembala dari keturunan Daud (ay 24), kembalinya Israel ke negeri asalnya (ay 25), perjanjian baru (ay 26), penyucian Bait Allah (ay 26), diungkapkan nabi sebagai gagasan-gagasan sendiri. Namun ia menambahkannya pula sebagai sebuah gagasan orisinil mengenai rujuknya suku-suku Israel (ay 20-22).
  2. Yang pokok dalam amanat kenabian ini ialah bahwa untuk menyatukan kembali bangsa Yahudi, terlebih dahulu sikap-sikap keagamaan yang harus dimurnikan. Kemudian harus diusahakan, supaya hidup politik jangan diperdewakan sedemikian rupa, sehingga iman pun akan ikut tertelah olehnya.

Yoh. 11:45-56 – “Kamu tidak tahu apa-apa, dan kamu tidak insaf, bahwa lebih berguna bagimu, jika satu orang mati untuk bangsa kita daripada seluruh bangsa kita ini binasa” (ay 49-50)