256. Mat 28:1-10 – Ia Telah Bangkit!

Peristiwa ditemukannya kubur kosong diceritakan oleh semua Sinoptisi (Mat  28:1-8; Mrk 16:1-8; Luk 24:1-12). Namun, cerita Mat lebih mendalam secara teologis dan lebih banyak detailnya.
Menurut suatu tradisi kuno, beberapa perempuan yang datang ke kubur pada hari pertama pekan, mendapatkannya kosong, tetapi suatu pribadi misterius menyampaikan kepada mereka berita tentang kebangkitan Yesus dan berjanji bahwa Yesus akan menampakkan diri-Nya di Galilea. Data inilah dijadikan oleh Mat data utama kisahnya. Data ini ditambahnya dengan berita singkat tentang pertemuan antara Yesus dengan perempuan-perempuan yang sedang kembali dari kubur (Mat 28:9-10) yang sejajar dengan penampakan Yesus kepada Maria Magdalena dalam Yoh  20:11-18 (Mrk 16:9). Amanat yang dipercayakan oleh Yesus kepada perempuan-perempuan itu (Mat 28:10) seisi dengan amanat malaikat (Mat 28:7). Unsur ini mempersatukan bagian tambahan ini dengan bagian pertama, sedangkan kesatuan seluruh teks ini mempersiapkan kisah tentang penampakan final Yesus di Galilea (Mat 28:16-20) yang merupakan “puncak teologis Injil Matius.”
Dalam teks ini Mat tidak menitikberatkan kemuliaan dan kuasa Yesus yang sudah bangkit, selain secara tidak langsung saja. Lewat cara ini Mat mempersiaplan pembaca akan amanat Kristus yang disampaikan-Nya pada penampakan-Nya yang terakhir di Galilea.

Unsur konteks
Perlu diingat bahwa dalam teks ini terdapat sejumlah unsur yang mengaitkannya dengan teks-teks terdahulu ataupun kemudian.
Perempuan-perempuan yang datang ke kubur (28:1) sudah hadir di bukit Kalvari (27:56) dan tahu kubur Yesus (27:61). Gempa bumi yang disebut dalam 28:1 dapat disejajarkan dengan gempa bumi pada saat Yesus wafat (27:51).
Tetapi, secara khusus perlu diperhatikan para penjaga. Mereka disebut dalam 28:4 dan sudah ditampilkan dalam 27:62 serta berperan sampai dengan 28:15. Mat menyebut mereka dengan maksud apologetis yaitu untuk secara tegas menolak isu Yahudi bahwa jenazah Yesus dicuri oleh murid-murid-Nya. Dengan adanya penjaga dari satu pihak dan perempuan-perempuan dari lain pihak, pembaca kisah ini dihadapkan pada dua sikap: Ketertutupan orang-orang Yahudi dan keterbukaan para pengikut Yesus.

Pembagian teks ini
Teks ini dapat dibagi tiga:

Mat 28:1           Perempuan-perempuan di kubur;
Mat 28:2-4        Para penjaga yang mati ketakutan;
Mat 28:5-10      Perempuan-perempuan menerima amanat.