Rabu, 23 Maraet 2022

C-116 – Ul 4:1,5-9 – “Waspadalah dan berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan hal-hal yang dilihat oleh matamu sendiri itu, dan supaya jangan semuanya itu hilang dari ingatanmu seumur hidupmu” (ay 9)

ALLAH SESAMA SAYA

  1. Malapetaka pembuangan sudah membayang. Hubungan yang mengikatkan Allah dengan umat-Nya harus diperbaharui. Sebab hanya berkat Allahlah hidup manusia dapat bertahan dan hanya Allahlah pemberi kebahagiaan (ay 1). Selebihnya – dan inilah gagasan baru di kalangan Israel – Allah tinggal dekat pada semua orang yang dengan sungguh-sungguh menjalankan perintah hukum dengan semangat yang baru (ay 6-7).
  2. Allah akan membayar upah yang tinggi untuk menjadi pribadi yang sungguh dekat bagi manusia yang disayangi-Nya. Sebab Ia akan harus mengalami penderitaan yang tepat sama dengan penderitaan yang dialami manusia. Dan Ia akan harus mengalami kematian yang sama dengan kematian setiap manusia.

Mat 5:17-19 – “Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi” (1y 18)