Rabu, 09 Maret 2022

C-102 – Yun 3:1-10 – “Haruslah semuanya, manusia dan ternak, berselubung kain kabung dan berseru dengan keras kepada Allah serta haruslah masing-masing berbalik dari tingkah lakunya yang jahat dan dari kekerasan yang dilakukannya” (ay 8)

ORANG LAIN JUGA DAPAT TERBUKA TERHADAP FIRMAN ALLAH

  1. Kitab Yunus merupakan sebuah karya cemerlang, biarpun jumlah ayatnya sedikit saja. Sebab kitab ini menyuarakan universalisme sejati Injil.
  2. Yunus pergi ke kota besar Niniwe untuk memaklumkan kepada para penduduknya hukuman dahsyat yang disiapkan Allah bagi orang-orang kafir. Tentu saja, cerita ini diresapi gagasan-gagasan Yahudi yang lazim: Orang kafir mesti dihukum Allah dengan keras. Tetapi para penduduk Niniwe langsung bertobat pada pewartaan pertama Yunus.
  3. Maka secara ringkas dapat disimpulkan sebagai berikut: Orang-orang yang dianggap hina dan di luar perhitungan, memberi pelajaran kepada orang yang menganggap dirinya sudah tahu dan hidup suci. Yang hina-hina itu mengajarkan mereka yang suci-suci itu, bahwa perlu membebaskan diri dari sikap dogmatisme yang kaku.
  4. Memang, tidak mungkin berjumpa dengan manusia lain, selama kita belum bebas dari sikap sedemikian.

Luk 11:29-30 – “Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus” (ay 29)