Kamis, 24 Pebruari 2022

C-089 – Yak. 5:1-6 – “Sesungguhnya telah terdengar teriakan besar, karena upah yang kamu tahan dari buruh yang telah menuai hasil ladangmu, dan telah sampai ke telinga Tuhan semesta alam keluhan mereka yang menyabit panenmu” (ay 4)

CELAKALAH ORANG-ORANG YANG KAYA

  1. Ibarat nabi-nabi terdahulu, demikian pun Yakobus mengecam orang-orang kaya. Mereka itu mengumpulkan harta dengan cara yang tidak halal (ay 2-3), dengan tidak membayar upah kepada para pekerja (ay 4). Mereka memperkaya diri dengan memeras orang-orang yang tidak bersalah dan mereka tidak takut mengajukan orang yang tidak berdosa itu ke muka pengadilan (ay 6).
  2. Kecaman-kecaman ini sampai sekarang demikian aktual, sehingga rumusannya pun hampir tidak perlu dikoreksi dan langsung saja dapat dipakai terhadap ketidakadilan yang kita alami dewasa ini. Khususnya dalam kehidupan masyarakat umum. Tetapi mungkin saja sudah terlalu banyak orang yang kaya di tengah-tengah umat Allah! Sehingga perlulah, supaya orang-orang yang sama beraninya seperti Yakobus, mulai melontarkan kecaman-kecaman yang sama. Sudah saatnya untuk berbuat demikian!

Mrk. 9:41-50 – “Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut (ay 42)