219. Yesus di hadapan Mahkamah Agama (Mat 26:59-66)

Akan tetapi, Aku berkata kepadamu (26:64)
Dalam jawaban-Nya kepada Imam Besar, Yesus mulai bicara tentang Anak Manusia. Hal ini dibenarkan dalam setiap kita Inji. Namun, tiga penulis Injil Sinoptik merumuskan jawaban Yesus itu secara berbeda-beda.

Mrk 14:62
“Dan kamu (=kalian) akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa (aslinya: Kuasa) dan datang dalam awan-awan di langit.”

Mat 26:64
“Akan tetapi, Aku berkata kepadamu (=kalian), mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa (aslinya: Kuasa) dan datang di atas awan-awan di langit.”

Luk 22:69
“Mulai sekarang Anak Manusia sudah duduk di sebelah kanan Allah Yang Mahakuasa (aslinya: Kuasa Allah).”
Yang langsung menyolok ialah bahwa Yesus menjawab pertanyaan Imam Besar, namun Ia berbicara kepada semua (“kalian!”). Dalam Injil Matius dan Markus, Yesus menjawab pertanyaan apakah Ia memang Mesias dan Putra Allah.
Ungkapan, Aku berkata kepadamu sering dipakai oleh Yesus. Lewat rumusan ini Ia menyatakan pendapat-Nya atau keputusan-Nya sendiri. Ungkapan ini muncul, misalnya, dalam Mat 11:22.24, ketika Yesus menyatakan penghakiman-Nya atas Betsaida dan Khorazim. Pada waktu itu Yesus menegaskan bahwa Tirus, Sidon dan Sodom akan diperlakukan secara lebih toleran pada hari penghakiman daripada Betsaida dan Khorazim. Dalam konteks dialog dengan Imam Besar, ungkapan Yesus ini harus diartikan begini: Anda telah memaksa Aku di bawah sumpah untuk menyatakan identitas, padahal Anda sesungguhnya hanya mencari alasan untuk menghukum Aku. Maka, secara meriah harus Kunyatakan kepada Anda, bahwa selaku Anak Manusia yang mulia, Aku pun akan menghakimi Anda.

Mulai sekarang – 26:64
Ungkapan, mulai sekarang, yang muncul dalam Injil Matius dan Lukas, langsung menimbulkan masalah. Apa maksudnya? Ungkapan yang sama muncul dalam kata-kata yang diucapkan oleh Yesus pada waktu Perjamuan Terakhir, “Mulai (dari) sekarang Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dalam Kerajaan Bapa-Ku” (Mat 26:29). Dengan cara ini, Matius (juga Lukas) ingin menegaskan bahwa kemenangan Yesus yang akan datang sesungguhnya sudah menjadi kenyataan. Ungkapan mulai sekarang mengandung arti “sudah menjadi perubahan.” Perubahan ini terjadi karena sudah diambil keputusan yang menentukan. Jadi, kata “sekarang” tidak mengacu kepada suatu saat tertentu dalam pengadilan terhadap Yesus, tetapi kepada saat berakhirnya suatu era. Dalam era baru itu Yesus akan dimuliakan oleh Allah. Yang terpenting ialah bahwa dalam era baru itu Yesus akan dimuliakan. Namun, serentak dengan dimuliakannya Yesus, para musuh-Nya akan celaka.