Senin, 14 Pebruari 2022 – St. Syrilus dan Metodius

C-079 – Yak. 1:1-11 – “Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan” (ay 2-3)

SERUAN KEPADA ORANG YANG SUSAH

Surat Yakobus ditujukan kepada orang-orang Kristen asal Yahudi yang hidup di perantauan (ay 1) dan menjadi korban penganiayaan. Dengan mengalami perbagai pencobaan (ay 2), kekurangan akan hikmat (ay 5) dan kemiskinan materiil (ay 9), mereka benar-benar “orang-orang miskin Yahwe.” Oleh karena itu Yakobus mewartakan kepada mereka keselamatan, dalam istilah-istilah para nabi dahulu, yaitu: Pencobaan akan berubah menjadi sukacita (ay 2); Orang sederhana akan memperoleh himat dari Allah (ay 5); Orang miskin akan ditinggikan (ay 9). Mereka yang mengalami kesusahan, hendaknya mengalihkan pandangannya kepada Allah dengan penuh percaya (ay 6).


Mrk. 8:11-13 – “Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: “Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda” (ay 12)