Sabtu, 05 Pebruari 2022 – St. Agata PrwMrt

C-070 – 1Raj. 3:4-13 – Salomo berkata: “Engkaulah yang telah menunjukkan kasih setia-Mu yang besar kepada hamba-Mu Daud, ayahku, sebab ia hidup di hadapan-Mu dengan setia, benar dan jujur terhadap Engkau; dan Engkau telah menjamin kepadanya kasih setia yang besar itu dengan memberi kepadanya seorang anak yang duduk di takhtanya seperti pada hari ini” (ay 6)

RENDAH HATI DI HADAPAN ALLAH

  1. Biarpun hidup mewah sebagai raja, Salomo tetap cukup bijaksana untuk menilai dirinya sendiri dengan tepat. Ia mengakui keterbatasan dan kelemahannya terhadap Allah. Dan ia meminta, supaya Allah mengaruniakan kepadanya ‘kebijaksanaan’ yang dibutuhkan olehnya dalam menjalankan tugasnya. Kebijaksanaan itu tidak dapat dicapainya sendiri. Lebih-lebih karena bangsa yang harus dipimpinnya bukan bangsanya sendiri, melainkan bangsa milik Allah (ay 9-11).
  2. Sebuah kesaksian yang mengagumkan! Salomo merasa terlampau kecil untuk biar semenit saja menikmati kebenaran sejati.

Mrk. 6:30-34 – “Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala” (ay 34)