Kamis, 03 Pebruari 2022 – St. Blasius – Lilin Blasius

C-068 – 1Raj 2:1-4.10-12 – “Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap Tuhan, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Amusa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kautuju” (ay 3)

SATU ORANG YANG MELIBATKAN SELURUH BANGSA

  1. Daud menyampaikan kehendaknya yang terakhir kepada Salomo. Wasiat raja ini diresapi keyakinan, bahwa masa depan perjanjian tergantung dari kesetiaan raja kepada hukum Allah (ay 3-4). Jadi keselamatan seluruh bangsa tergantung dari seorang saja. Bila raja menyeleweng, seluruh rakyat menyeleweng bersama dengannya. Bila raja setia, Allah tidak akan memperlakukan dosa-dosa bangsa dengan keras.
  2. Ini memang pralambang pengantaraan Kristus. Tetapi orang-orang Kristen pun akan tercakup dalam pengantaraan itu secara nyata!

Mrk 6:7-14 – “Ia memanggil kedua belas murid itu dan mengutus mereka berdua-dua. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat” (ay 7)