Minggu, 30 Januari 2022

C-064 – Yer. 1:4-5.17-19 – “Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa” (ay 5)

KEKUATAN NABI YANG TIDAK TERPATAHKAN

  1. Yeremia adalah salah satu dari nabi-nabi yang paling menarik perhatian. Wataknya yang penuh cinta akan damai dan amat peka itu benar-benar tidak cocok dengan tindakan-tindakan yang harus diambilnya sebagai nabi. Sebab Yeremia harus menghadap masyarakat yang berakhlak buruk, yang tertidur secara rohani, sebab berfantasi dengan hak-hak istimewanya dan yakin akan keselamatannya tanpa dasar yang kuat.
  2. Walaupun demikian Yeremia tidak juga mampu melawan panggilan yang mendesaknya. Yeremia menerima panggilanya sebagai pilihan pribadi Allah (ay 4-5). Ia diresapi keyakinan, bahwa dalam perjuangan yang harus dijalaninya dengan tidak henti-hentinya, ia tidak pernah akan kekurangan kekuatan ilahi (ay 17-19). Kekuatan itu ditimbanya dari persekutuan pribadi dengan Allahnya.

Luk. 4:21-30 – “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak ada nabi yang dihargai di tempat asalnya” (ay 24)