Jumat, 14 Januari 2022

C-048 – 1Sam. 8:4-7.10-22a – “Angkatlah sekarang seorang raja atas kami untuk memerintah kami, seperti pada segala bangsa-bangsa lain” (ay 5)

RENCANA-RENCANA POLITIK MENARIK PERHATIAN ALLAH

  1. Ada persoalan baru, ada pula pola yang baru. Bangsa Israel tidak puas dengan federasi antar suku mereka. Mereka menginginkan seorang raja, sama seperti bangsa-bangsa lain. Mereka ingin menyesuaikan diri dengan keadaan politik negara-negara zaman itu.
  2. Dengan menggambarkan sikap nabi Samuel, yang kurang tegas itu, penyusun teks ini mengungkapkan perasaannya sendiri. Ia tidak setuju dengan rencana tersebut. Menurut dia rencana itu timbul karena alasan-alasan politik semata-mata. Mengangkat seorang raja bagi bangsa yang sudah biasa menggantungkan seluruh hidupnya pada ‘campur tangan’ ilahi, bukankah sama dengan menolak Allah itu?
  3. Pertanyaan ini dijawab Allah melalui peristiwa penjelmaan Yesus. Sejak tampilnya Yesus, kita mengerti, bahwa Allah bertindak dalam sejarah manusia melalui beraneka ragam usaha. Tetapi usaha-usaha itu tidak pernah mengurangi tanggung jawab manusia.

Mrk. 2:1-12 – “Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!” (ay 5)

Leave a Reply