Selasa, 28 Desember 2021 ; Pesta Kanak-kanak Suci

C-031 – 1Yoh 1:5-2:2 – “Jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa” (ay 7)

SEMUANYA DILIPUTI TERANG CAHAYA

  1. Program kehidupan setiap orang Kristen dapat dirumuskan sebagai berikut: Berjalan dalam terang (ay 7). Allah adalah Terang (ay 5). Jadi perlu hidup dalam persekutuan dengan-Nya serta mengalihbahasakan persekutuan itu ke dalam suatu persekutuan antar manusiawi (ay 7). Perjalanan dalam terang itu terus-menerus dirintangi oleh dosa (ay 8.10). Tetapi rintangan itu telah teratasi dengan pengakuan kesalahan pribadi (ay 9). Mengakukan dosa berarti mengungsi pada darah Kristus yang menyucikan kita (ay 7 dan 1.2).
  2. Sungguh bercahayalah manusia yang menyadari bahwa ia diterima oleh suatu pribadi justru pada saat, ketika menurut perhitungan manusiawi, ia tidak dapat diterima lagi.

Mat 2:13-18 – “Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: ‘Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia’” (ay 13)