Rabu, 15 Desember 2021

C-018 – Yes 45:6b-8.18.21b-25 – “Bukankah Aku, Tuhan? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku” (ay 21)

ALLAH YANG TIDAK ADA TARANYA

Pengalaman pahit masa pembuangan telah memurnikan iman Israel. Di Babel orang-orang Yahudi hidup tanpa jaminan apa-apa. Satu-satunya kekuatan mereka ialah iman. Maka tidak mengherankan, bahwa mereka memuji-muji keagungan Allah sedemikian hebat, seperti belum pernah sebelumnya. Yahwe itu lain daripada segala sesuatu; Ia sungguh unik; Dia Pencipta alam semesta (ay 6b-7.18.21b). Yahwe memprakarsai karya keselamatan dan menjalankannya sekehendak-Nya (ay 8). Pada saat yang tepat, Yahwe menumbuhkan “tunas pembebasan” (ay 8), yaitu Mesias. Oleh karena berasal dari Allah yang tidak ada taranya, maka prakarsa penyelamatan itu tentu saja menyangkut seluruh umat manusia (ay 22). Ilah-ilah lain hanyalah berhala belaka (ay 20).


Luk 7:19-23 – “Pergilah, dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu lihat dan kamu dengar: Orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik”