Minggu, 05 Desember 2021

C-008 – Bar 5:1-9 – “Hendaklah, hai Yerusalem, menanggalkan pakaian kesedihan dan kesengsaraanmu, dan mengenakan perhiasan kemuliaan Allah untuk selama-lamanya” (ay 1)

WALAUPUN TERSEBAR DI MANA-MANA, NAMUN SANGGUP BERPERAN SEBAGAI PEMERSATU

  1. Bagi jemaat-jemaat Yahudi yang hidup di perantauan, Yerusalem merupakan kota yang paling istimewa. Di situlah akan berkumpul semua orang yang tersebar di mana-mana (ay 5-6). Mereka akan dituntun oleh Allah sendiri (ay 7-9) yang melindungi umat-Nya terhadap segala musuhnya.
  2. Orang-orang Kristen pun tersebar di antara orang-orang yang tidak seiman dengan mereka. Dewasa ini kenyataan ini lebih disadari daripada di masa lampau. Akan tetapi pengharapan Kristen tidak sama dengan pengharapan yang menjiwai orang-orang Yahudi dahulu. Seorang Kristen, warga Yerusalem baru, bukan seorang yang terpisah dari saudara-saudara lain. Memang, orang-orang Kristen tersebar di mana-mana, tetapi justru untuk menjadi pemersatu-pemersatu seluruh umat manusia. Mereka harus bekerja sama dengan semua orang untuk membangun suatu dunia yang semakin hari samakin manusiawi.

Luk 3:1-6 – “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu”