Rabu, 1 Desember 2021 ; Pw. B. Dionisius dan Redemptus, Mrt Ina

C-004 – Yes 25:6-10a – “Tuhan akan meniadakan maut untuk seterusnya; dan Tuhan Allah akan menghapuskan air mata dari pada segala muka; dan aib umat-Nya akan dijauhkan-Nya dari seluruh bumi, sebab Tuhan telah mengatakannya”

PERJAMUAN KEMENANGAN

  1. Di Timur Tengah kuno setiap raja yang memenangkan perang, mengadakan perjamuan secara besar-besaran. Perjamuan itu mewah sekali, sebab segala hidangannya merupakan hasil rampasan dari bangsa musuh, yang baru saja dikalahkan. Pada perjamuan semacam ini berkumpullah semua orang yang setia pada raja dalam peperangan. Maka perjamuan itu menjadi kesempatan untuk memperbaharui perjanjian-perjanjian dan ikatan-ikatan yang lama.
  2. Gambaran ini dimanfaatkan nabi untuk melukiskan perjamuan kemenangan, yang disiapkan Allah bagi segala bangsa (ay 6). Perjamuan-perjamuan Ekaristi yang kita adakan, bukankah seharusnya mengungkapkan kesetiakawanan kita dengan Kristus dan dengan para peserta perayaan itu, yang dari pelbagai penjuru dunia datang memperingati kemenangan atas maut, si musuh nomor satu bagi bangsa manusia?

Mat 15:29-37 – “Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak itu”