Sabtu, 20 Nopember 2021

B-354 – 1Mak 6:1-13 – “Teringatlah aku sekarang kepada segala kejahatan yang telah kuperbuat kepada Yerusalem dengan mengambil perkakas perak dan emas yang ada di kota itu dan dengan menyuruh bahwa penduduk Yehuda harus ditumpas dengan sewenang-wenang” (ay 12)

PENGUASA LALIM YANG DIHUKUM

      1. Para penyusun riwayat hidup raja Antiokhus sepakat dalam memandang kematiannya sebagai hukuman atas segala penghinaan raja terhadap hal-hal yang kudus. Antiokhus merampas kenisah-kenisah milik pelbagai agama, termasuk harta Bait Allah di kota Yerusalem.
      2. Akan tetapi penyusun kitab ini, yang berkebangsaan Yahudi, menambah dalam tulisannya sesuatu yang tidak disebut oleh penyusun-penyusun riwayat hidup Antiokhus lainnya. Menurut dia, pada saat ajalnya, raja yang lalim itu mengakui kesalahannya terhadap kota suci Yerusalem (ay 11-12).

    Luk 20:27-40 – “Orang-orang dunia ini kawin dan dikawinkan, tetapi mereka yang dianggap layak untuk mendapat bagian dalam dunia yang lain itu dan dalam kebangkitan dari antara orang mati, tidak kawin dan tidak dikawinkan”