140. Yesus di Bukit Zaitun (21:1)

Yesus dan murid-murid-Nya – 21:1
Perjalanan Yesus dengan murid-murid-Nya menuju Yerusalem untuk pertama kalinya disinyalir dalam Mat 16:21

Mendekati Yerusalem – 21:1
Yesus dan rombongan-Nya mendekati Yerusalem dari sebelah Timur, tepatnya dari sebelah kota Yerikho (bacalah kisah tentang penyembuhan dua orang buta dalam 20:29-34).

Betfage – 21:1
Letaknya kampung Betfage sampai sekarang tidak diketahui. Tetapi diduga bahwa letaknya di sebelah timur kampung Betania. Nama Betfage searti dengan “rumah pohon ara,” sebab di situ terdapat sejenis pohon ara yang berbuah lebih lambat dari pohon ara jenis lain.
Dalam kisah tentang masuknya Yesus ke kota Yerusalem, Betfage (tanpa Betania) disebut dalam Matius saja. Dalam Injil Markus (Mrk 11:1) dan Lukas (Luk 19:29), Betfage berpasangan dengan Betania. Dalam Injil Matius, Betania sendiri disebut baru dalam 26:6.

Bukit Zaitun – 21:1
Sebagian pegunungan utama Tanah Suci terbentang dari utara sampai ke selatan dan melewati bagian sentral dan selatan Palesltina hingga ke Yerusalem.
Bukit Zaitun adalah bukit yang terkenal karena pohon-pohon zaitun yang tumbuh di situ. Letaknya di sebelah timur Yerusalem, di seberang Lembah Kidron. Bukit ini berperanan penting dalam eskatologi Yahudi, sebab dikaitkan dengan kedatangan Allah yang akan membarui Yerusalem (Za 14:1-5). Menurut Mat 24, Yesus menyampaikan wejangan eskatologis-Nya di bukit itu.