Selasa, 02 Nopember 2021 ; HR Pengenangan Arwah Semua Orang Beriman

B-337 – 2Mak 12:43-46 – “Sebab jika tidak menaruh harapan bahwa orang-orang yang gugur itu akan bangkit, niscaya percuma dan hampalah mendoakan orang-orang mati” (ay 44)

SANGAT PENTING BERDOA BAGI ARWAH ORANG BERIMAN

  1. Dalam penziarahan hidup di dunia ini, kita tentu pernah mengalami kehilangan, seperti kehilangan orang-orang yang kita cintai: anggota keluarga, sahabat, teman, dan lain sebagainya. Kehilangan orang terdekat terutama anggota keluarga merupakan hal terberat atau sulit diterima. Pasti ada perasaan sedih, putus asa, kecewa, hancur dan bahkan kadang kala kita mempersalahkan Tuhan. Tak jarang kita pun bertanya kepada Tuhan: Mengapa Engkau begitu cepat memanggil dia? Hal semacam ini merupakan perasaan-perasaan yang muncul ketika kita mengalaminya. Terkadang pun kita kehilangan iman dan harapan ketika berhadapan dengan realitas seperti ini.
  2. Peringatan Arwah Semua Orang Beriman yang dirayakan Gereja Katolik secara universal pada hari ini, meneguhkan iman kita bahwa dalam hidup selalu ada harapan. Bacaan-bacaan suci hari ini pun mengajak kita untuk selalu memperdalam iman kita kepada Tuhan yang empunya kehidupan. Kita pun diundang untuk tetap menjaga relasi kita dengan saudara/saudari yang telah mendahului kita melalui doa, sehingga jiwa mereka dapat beristirahat dengan tenang dan damai di surga.

Yoh 6:37-40 – “Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman”