Selasa, 26 Oktober 2021

B-330 – Rom 8:18-25 – “Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita” (ay 18)

MELIHAT KESELAMATAN MANUSIA DALAM RANGKA KOSMIK

  1. Sebuah penglihatan tentang keselamatan dalam Yesus Kristus yang sungguh luar biasa. Seluruh dunia ciptaan terlibat dalam peristiwa masuknya manusia ke dalam keluarga Allah. Kesetiakawanan manusia dengan alam demikian besar, sehingga pengharapan yang menjiwai jagat raya (ay 23), sesungguhnya sekarang mulai menjadi kenyataan dalam penantiannya akan penciptaan baru (ay 19).
  2. Setia pada tradisi hikmat Yahudi, Paulus berpendapat, bahwa alam semesta diatur oleh hukum-hukum yang tetap. Hukum-hukum itu menyebabkan perkembangan peristiwa-peristiwa secara beruntun dan menghalangi dinamisme alam itu. Sehingga Paulus memandang alam semesa sebagai makhluk yang ditaklukkan kepada ‘kesia-siaan’ (ay 20).
  3. Akan tetapi bila jagat raya itu dilihat dari sudut hubungannya dengan misteri Kristus, atas dasar perantaraan manusia dan tubuhnya, maka alam serta ambisi yang menjiwainya toh dapat dihargai juga (ay 21).

Luk 13:18-21 – “Kerajaan Allah seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamis seluruhnya”