113. Yesus berubah rupa – 17:2-3 (2/2)

Lalu tampaklah – 17:3
Kalimat ini didahului dengan kata lihatlah yang dihilangkan dalam terjemahan Baru.

Musa dan Elia – 17:3
Matius maupun Lukas bicara tentang Musa dan Elia, tetapi dalam Injil Markus, Elia disebut dulu, baru kemudian Musa (Mrk 9:4; Luk 9:30).
Sehubungan dengan dua tokoh PL ini muncul dua pendapat
(1) Musa (yang melambangkan Hukum Allah) dan Elia (mewakili para nabi) membenarkan bahwa Hukum Yahudi maupun ajaran para nabi Israel memberi kesaksian tentang Yesus;
(2) Kedua tokoh ini adalah saksi-saksi terpercaya perjanjian serta tokoh-tokoh pilihan Allah. Keduanya hilang dari bumi secara misterius (hal ini dengan jelas dikatakan tentang Elia (2 Raj 2:11), dan secara tersirat tentang Musa yang kuburannya tidak diketahui).
Namun, ada pendapat lain lagi, yang kiranya lebih tepat, bahwa pada saat Yesus berubah rupa, Elia muncul sebagai pendahulu-Nya (sesuai dengan tradisi PL), sedangkan Musa datang untuk mengucapkan selamat kepada Yesus sebagai Nabi definitif sesuai dengan tradisi lain yang tercantum dalam Ul 34:10).
Ada sebuah teks Yahudi yang bunyinya begini, “Yohanan bin Zakay berkata: Allah mengatakan kepada Musa: ‘Setelah Aku mengutus Nabi Elia kepadamu, kalian harus datang bersama-sama,’” Mungkin tradisi para nabi inilah bergema dalam adegan ini. Dengan tampil bersama-sama, kedua tokoh ini memaklumkan bahwa dalam diri Yesus waktu sudah genap.

Leave a Reply