112. Yesus berubah rupa – 17:2-3 (1/2)

Berubah rupa – 17:2
Perubahan itu kelihatan dengan jelas (Mrk 9:2). Dalam Injil Markus dikatakan bahwa sesudah bangkit, Yesus menampakkan diri-Nya dalam rupa lain kepada kedua murid dari Emaus (Mrk 16:12).
Perubahan rupa menggenapkan harapan bangsa Yahudi (yang terungkap dalam sastra apokaliptik), bahwa pada hari akhir semua orang benar akan diubah (orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, Dan 12:3).

Di depan mata mereka – 17:2
Yesus berubah rupa di depan mata amereka, artinya, ketiga rasul menyaksikannya.

Wajah-Nya bercahaya seperti matahari, pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang – 17:2
Seluruh kalimat ini harap dibaca sebagai semacam penjelasan tentang jenis perubahan yang terjadi pada Yesus. Dalam Ijil Markus perubahan itu sendiri tidak dijelaskan. Tetapi Markus membuat catatan tambahan tentang pakaian Yesus, “Pakaian-Nya sangat putih berkilauan. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang dapat memutihkan pakaian seperti itu” dan hal yang sama dicatat dalam Injil Lukas, “Rupa wajah-Nya berubah dan pakaian-Nya menjadi putih berkilau-kilauan” (Mrk 9:3 dan Luk 9:29). Matius menggambarkan Yesus sama seperti Allah yang diam dalam terang abadi.
Matius secara khusus menegaskan unsur cahaya: a) Wajah Yesus bercahaya seperti matahari (ay 2); b) Pakaian Yesus putih bersinar seperti terang (ay 2); c) Awan yang terang (ay 5). Cahaya terang melambangkan realitas surgawi (Dan 7:9; Mat 28:3; Why 9:3) dan eskatologis (Why 1:13+; 4:4; dll).

Leave a Reply