Selasa, 12 Oktober 2021

B-316 – Rom 1:16-25 – “Mereka menggantikan kebenaran Allah dengan dusta dan memuja dan menyembah makhluk dengan melupakan Penciptanya yang harus dipuji selama-lamanya” (ay 25)

ALLAH YANG NAMPAK DALAM ALAM SEMESTA

  1. Dunia ciptaan dalam dirinya sendiri merupakan semacam pancaran pribadi Sang Penciptanya. Ia sendiri mampu membawa manusia kepada pengenalan Allah sejati dan kepada ucapan syukur kepada-Nya (ay 20).
  2. Akan tetapi manusia demikian tergoda untuk mencampuradukkan dunia ciptaan dengan Sang Penciptanya! Sebab Allah demikian mudah dihampiri, dan tampaknya mudah dikuasai manusia (ay 23.25). Lalu datang dosa dan mulailah kekacauan. Akal manusia menjadi tumpul (ay 21) dan hatinya menjadi jahat (ay 24).
  3. Paulus tidak memperbincangkan di sini soal adanya atau tidak adanya Allah, melainkan hanya soal penyembahan berhala. Lebih-lebih ia tidak membicarakan di sini ateisme dalam bentuyk yang dikenal sekarang!

Luk 11:37-41 – “Kamu orang-orang Farisi, kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan”

Leave a Reply