111. Naik ke sebuah gunung tinggi (17:1)

Enam hari kemudian – 17:1
Lewat ungkapan yang tampaknya jelas, padahal tidak, Matius mengaitkan kisah ini dengan teks terdahulu, khususnya dengan pengakuan Petrus dan ucapan Yesus dalam Mat 16:16 dst.
Jemaah Kristen asal Yahudi barangkali mengartikan ungkapan ini sebagai gema kitab Keluaran (Kel 24 dan 34) yang bercerita kuno itu muncul sejumlah unsur yang disebut dalam kisah ini pula, yaitu gunung, “enam hari kemudian,” awan, suara, teman-teman, wajah bercahaya.
Tidak dapat disangkal bahwa kisah ini disusun Matius menurut pola yang sudah baku sejak zaman PL. Namun, pada umumnya tidak diragu-ragukan bahwa apa yang dikisahkan oleh Matius (dan penginjil lain), bukan cerita-buatan melainkan kisah tentang suatu pengalaman nyata tiga rasul Yesus.

Yesus membawa – 17:1
Kata membawa sering muncul dalam kisah sebagai unsur yang menghidupkan aksi.

Petrus, Yakobus dan Yohanes, saudaranya – 17:1
Dalam Markus 9:2 disebut nama-nama yang sama, namun tanpa tambahan saudaranya.
Dalam Luk 9:2, nama Yohanes disebut pada posisi kedua, sedangkan nama Yakobus sebagai yang ketiga. Bagi para pembaca Injil Matius, Yohanes mungkin kurang dikenal, sehingga ditegaskan bahwa dia adalah saudara Yakobus yang sangat dikenal dan kemudian dibunuh karena imannya kepada Yesus (Kis 12:2). Petrus dan dua temannya menyaksikan pula sakratulmaut Yesus di Getsemani. Mereka menyaksikan peristiwa-peristiwa itu supaya di kemudian hari dapat menjadi saksi-Nya yang terpercaya (menurut Ul 19:15), dalam setiap perkara penting harus ada dua atau tiga saksi).

Bersama dengan mereka Ia naik – 17:1
Boleh jadi bahwa Yesus berjalan di muka dan ketiga murid mengikuti-Nya.

Gunung yang tinggi – 17:1
Dalam Injil Matius, gunung tinggi disebut tiga kali, yaitu gunung pencobaan Yesus (Mat 4:8), gunung transfigurasi, dan gunung kenaikan-Nya di Galilea (Mat 28:16). Matius sama sekali tidak menyebut nama gunung transfigurasi Yesus.
Menurut mentalitas Yahudi, gunung adalah tempat yang paling memadai untuk menerima wahyu ilahi.
Menurut tradisi Kristen, Yesus berubah rupa di Gunung Tabor (tingginya 588 m), walaupun Gunung Hermon (2.774 m) lebih dekat letaknya dengan Kaisarea Filipi.

Mereka sendirian saja – 17:1
Ungkapan mereka sendirian saja muncul di tempat lain pula (Mat 14:13, 17:19, 20:17, dan 24:3).

Leave a Reply