109. Sabda Yesus kepada murid-murid-Nya -16:24-27 (3/3)

Apa gunanya seseorang – 16:26
Ini sebuah pertanyaan retoris yang menuntut jawaban, “Tidak ada gunanya!”

Memperoleh seluruh dunia – 16:26
Harfiahnya, ungkapan memperoleh seluruh dunia sebaiknya diterjemahkan beruntung seluruh dunia, dalam arti: punya (barang) apa saja yang dikehendakinya.
Ucapan ini sangat tepat secara psikologis. Kebahagiaan kekayaan menipu mereka yang mencarinya langsung. Manusia seharusnya pertama-tama mencari bukan yang membahagiakannya secara langsung melainkan kehendak Allah, artinya apa yang benar.

Dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya – 16:26
Ini pun sebuah pertanyaan retoris yang menuntut jawaban, “Tidak ada yang akan diberinya!” Ayat 26 tidak mengkontraskan “jiwa” dengan “nyawa” melainkan jenis keselamatan yang dicari manusia dengan rencana Allah.
Ayat ini tidak dimaksudkan pula sebagai penolakan terhadap kekayaan ataupun usaha untuk mempmerolehnya. Sebab kekayaan sendiri bukan malapetaka. Kekayaan menjadi malapetaka, bila menghalangi manusia mengikuti Kristus, kalau membawa manusia kepada keyakinan bahwa menolak Kristus membawa keuntungan!

Anak Manusia akan datang -16:27
Penjelasan tentang Anak?Putra Manusia harap dibaca pada Mat 13:37 dan 16:13.
Dalam ayat ini terungkap pernyataan Yesus mengenai kemuliaan-Nya sebagai Anak/Putra Manusia. Pernyataan ini berkaitan erat dengan apa yang diucapkan oleh Yesus dalam tiga ayat sebelumnya. Yesus pasti akan datang, lagi plula segera.
Yesus mulai bicara tentang Anak/Putra Manusia supaya para murid-Nya lebih mudah mengerti misi-Nya sebagai orang yang bersengsara. Karena itulah Ia berbicara tentang “penghakiman” dan tentang “kemuliaan” Anak Manusia. Sesungguhnya dalam ucapan Yesus ini pun muncul tema salib-kebangkitan, tetapi diutarakan dengan cara lain daripada sebelumnya.

Dalam kemuliaan Bapa-Nya – 16:27
Artinya, dalam kemuliaan sama seperti yang dimiliki oleh Allah/Bapa, atau, dalam kemuliaan yang diberi kepada-Nya oleh Bapa. Kemuliaan mencakup kuasa, kecemerlangan, kehadiran , wewenang, dsb. Kuasa itu berasal dari Bapa dan diberi oleh-Nya.

Ia akan membalas … menurut perbuatannya – 16:27
Penghakiman akan dilangsungkan oleh Anak/Putra Manusia terhadap setiap orang, yang baik maupun yang jahat.