108. Sabda Yesus kepada murid-murid-Nya -16:24-27 (2/3)

Menyelamatkan; kehilangan; memperoleh – 16:25
Ayat 25 yang berisi kalimat panjang, “Siapa yang mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanaya; tetapi siapa yang kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya,” menghimbau pembaca untuk “mencampakkan hidup ini” demi Kristus, sebab inilah satu-satunya cara untuk menyelamatkannya. Inilah sesungguhnya inti iman: Percaya bahwa hidup justru muncul pada saat hidup itu hilang. Ini sama dengan percaya akan kasih.
Himbauan ini jangan diartikan sebagai sikap meremehkan hidup ini ataupun tidak mempedulikannya! Himbauan ini justru mengajak manusia untuk melibatkan diri dalam hidup kaih sejati. Siapa yang ingin menyelamatkan/mengamankan nyatanya, akan kehilangan nyawa, serarti dengan, “Ia tidak akan punya hidup sejati, hidup kekal.” Tetapi siapa kehilangan nyawa, akan memperolehnya atau menemukannya, sebab akan memperoleh hidup sejati, bukan hidup fana, sementara saja.

Karena Aku – 16:25
Manusia yang siap kehilangan nyawa, janganlah melakukannya demi tujuan apa pun kecuali demi menjadi pengikut Kristus. Sebab hanya dalam Dialah ada hidup sejat.