Rabu, 6 Oktober 2021

B-310 – Yun 4:1-11 – “Bagaimana tidak Aku akan sayang kepada Niniwe, kota yang besar itu, yang berpenduduk lebih dari seratus duapuluh ribu orang, yang semuanya tak tahu membedakan tangan kanan dari tangan kiri”

PERSATUAN YANG HARUS DIBEBASKAN DARI PENJAJAHAN

  1. Yunus berangkat ke kota Niniwe untuk memberitakan kepada para penduduknya hukuman yang akan menimpa mereka. Tetapi apa yang dijumpai Yunus di kota tersebut? Ia menjumpai di situ penyembah-penyembah Allah. Mereka memang tidak menyembah Allah di dalam Bait Allah yang di bukit Sion itu dan mereka tidak mengenal hukum suci bangsa Yahudi! Tetapi mereka tetap menyembah Allah saja. Maka remuk-redamlah hati Yunus (ay 3).
  2. Syukurlah, berkat peristiwa tumbuhnya sebatang pohon jarak, Yunus mengerti bahwa Allah jagat raya tidak mungkin terbatas pada satu bangsa saja.
  3. Usaha demi mewujudkan persatuan antar manusiawi, sukar dijadikan kenyataan. Namun jauh lebih sukar menghindari bahaya, agar persatuan itu jangan dibangun atas dasar hak istimewa sekelompok orang saja. Sebab persatuan universal berarti bahwa semua orang mempunyai hak yang sama dan bahwa semua orang mengambil bagian dalam rahmat Allah yang sama.

Luk 11:1-4 – “Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu”