Sabtu, 2 Oktober 2021; Pw Para Malaikat Pelindung

B-306 – Kel 23:20-23a – “Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan” (ay 20)

MALAIKAT PELINDUNG SELALU MELINDUNGI DAN MENJAGAI KITA

  1. Malaikat pelindung selalu ada untuk kita. Hari ini, kita memperingati Para Malaikat Pelindung. “Janganlah menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini, karena aku berkata ada malaikat mereka di surga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di surga.” Mengapa anak kecil selalu dekat dengan surga? Jawabannya adalah karena mereka masih belum tercemar oleh dosa. Pertanyaan lebih lanjut adalah: ‘Siapa yang mencemarkan?’ Kehidupan setelah kita masuk masa dewasa memiliki tantangan dan godaannya sendiri dan itulah yang kerap membuat kita tercemar.
  2. Melaui peringatan Para Malaikat Pelindung pada hari ini, kita diyakinkan bahwa setiap kita, bukan cuma anak-anak kecil, punya Malaikat Pelindung yang selalu menjaga dan melindungi kita. Siapakah lawan dari Malaikat Pelindung kita? Lawan dari Malaikat Pelindung kita adalah dunia yang memang suka menyesatkan kita. Bahkan, dalam Injil pada hari ini jelas dikatakan bahwa “tangan dan kakimu pun bisa menyesatkan engkau!” Mata kita pun bisa menyesatkan kita maka kita disuruh mencungkilnya.
  3. Maka, kita diajak untuk hari-hari menggunakan semua organ tubuh yang ada di dalam diri kita supaya kita tidak tersesat dan melakukan dosa. Malaikat selalu memberikan kebenaran kepada kita dan mewanti-wanti kita yang ini salah, yang itu benar, yang ini tidak boleh dilakukan, yang ini harus dilakukan. Tetapi, kita sering mengabaikan suara hati kita. Apakah kita akan terus seperti ini?


Mat 18:1-5.10 – “Sedangkan siapa saja merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Surga”