Minggu, 26 September 2021

B-300 – Bil 11:25-29 – “Lalu turunlah Tuhan dalam awan dan berbicara kepada Musa, kemudian diambil-Nya sebagian dari Roh yang hinggap padanya, dan ditaruh-Nya atas ketujuhpuluh tua-tua itu” (ay 25)

PERISTIWA YANG TIDAK TERDUGA

  1. Kitab Bilangan merupakan kitab yang sangat menghormati lembaga-lembaga dan hukum Yahudi. Namun justru dalam kitab inilah diberitahukan, bahwa karunia bernubuat spontan, tetap harus dihormati!
  2. Dua orang tua-tua bernubuat, walaupun mereka tidak turut menghadiri upacara pelantikan teman-temannya; sewaktu Musa mencurahkan Roh kenabiannya atas mereka.
  3. Bacaan ini merupakan sebuah bukti, bahwa Roh Kudus tidak terikat pada lembaga atau kuasa mana pun juga. Tidak seorang pun adalah pemilik karunia yang telah diterimanya. Sungguh penting sekali, supaya manusia menyadari, bahwa sia-sialah usahanya membatasi karya Roh Kudus dan mengaturnya menurut patokan buatannya sendiri.

Mrk 9:38-43.45.47-48 – “Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorang pun yang telah mengadakan mukjizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku”