157. Pengakuan Petrus (16:13-16)

Daerah Kaisarea Filipi – 16:13
Kota Kaisarea Filipi terletak di sebelah timur laut lereng Gunung Hermon, dan dibangun di hilir Sungai Yordan pada tahun 2-3 sM oleh Herodes Filipus demi menghormati Kaisar Agustus. Kini namanya Banias. Dapat ditambahkan bahwa letaknya k.l. 40 km di sebelah utara Danau Galilea.
Kaisarea Filipi jangan dicampuradukkan dengan Kaisarea Maritima yang terletak di sebelah barat Palestina, dekat Laut Tengah.
Kata daerah mengacu kepada kampung-kampung di sekitar Kaisarea Filipi.

Kata orang, siapakah – 16:13
Yesus ingin mengetahui dampak pengajaran dan karya-Nya yang tentu saja menimbulkan berbagai reaksi dan pendapat. Dalam pertanyaan pertama ini, Yesus menanyakan pendapat orang banyak.

Anak Manusia – 16:13
Gereja masa awal berkeyakinan bahwa di antara sekian gelar yang diberikan kepada Yesus dari Nazaret, yang paling sering dipakai oleh-Nya sendiri dan yang barangkali paling disukai-Nya ialah gelar Anak/Putra Manusia. Timbul kesan bahwa kadang-kadang Yesus tidak mau disamakan dengan Putra Manusia (Mat 16:27; 24:30). Tetapi pada umumnya Ia justru menyamakan diri-Nya dengannya (Mat 8:20; 11:9; 16:13).
Menurut sastra apokaliptik (khususnya Dan 7:13 dan Kitab Henokh). Putra manusia akan datang pada hari terakhir untuk mengadili para pendosa dan menyelamatkan orang-orang benar.
Dengan menerapkan gelar ini pada Yesus, Gereja masa awal berpikiran sangat orisinal. Yesus ditunjuk oleh Gereja sebagai pribadi yang mengantisipasikan penghakiman itu dengan penuh kuasa, sebab Ia menyelamatkan para pendosa (Mat 9:6) dan menginaugurasikan era Mesias (Mat 12:8).
Bila dihubungkan dengan gambaran nabi tentang Hamba Allah (Mrk 8:31; Mat 17:9,22+; 20:18; 26:26:2.24+), gelar Putra manusia mendapat arti yang sama sekali tidak dikenal dalam agama Yahudi. Sebab dalam gelar itu dipadukan kemuliaan dan sengsara salib.