156. Pengakuan Petrus (Mat 16:13-20)

Pengakuan Petrus
Seandainya ayat 17-19 memang sebuah tambahan kemudian, maka apa tujuannya? Matius barangkali mau menyatakan keyakinannya bahwa Petrus, putra Yunus/Yona itu, dapat menjadi batu karang/cadas, tempat Kristus mendirikan jemaah-Nya. Semuanya mungkin bila ada iman.
Sama seperti dalam Injil Markus, dalam Injil Matius pun tercatat bahwa pengakuan Petrus terjadi di daerah Kaisarea Filipi, jadi di wilayah di luar Palestina, di negeri kafir. Lokasi ini tidak usah diragu-ragukan. Sebab Yesus berkali-kali pergi ke daerah perbatan untuk istirahat sejenak ataupun mengajar para pengikut-Nya secara khusus.
Namun, seperti disinyalir di atas, perlu dibedakan dua peristiwa, yaitu pengakuan Petrus dan janji Yesus kepada Petrus. Pengakuan itu terjadi barangkali pada akhir karya Yesus di Galilea. Pada waktu itu Yesus sudah mengadakan banyak tanda, sehingga para pengikut-Nya kira-kira tahu siapakah Dia. Tetapi kapan Yesus memberi janji kepada Petrus, sulit ditentukan. Ada yang berpendapat bahwa janji itu diberi baru sesudah Yesus bangkit. Pada waktu itu Petrus memang lebih mampu berkata bahwa Yesus adalah Anak Allah yang hidup. Tetapi teori ini hanyalah sebuah dugaan yang tidak dapat didukung dengan bukti jelas.

Dalam Injil Lukas
Lukas sama sekali tidak menyebut Kaisarea Filipi. Menurut Lukas, Yesus tidak meninggalkan Palestina, tidak berkhotbah kepada orang-orang asing. Misi kepada orang-orang bukan Yahudi harus dimulai oleh Gereja sendiri sesudah kebangkitan Yesus (Luk 24:37+; Kis 1:8). Namun, dalam konteks pengakuan Petrus, Lukas bicara tentang doa Yesus, dalam kesendirian. Dengan cara ini Lukas ingin menegaskan bahwa semua peristiwa besar terkait dalam kehidupan Yesus dengan doa, antara lain baptisan (Luk 3:21), pengajaran “Bapa Kami” (11:1), awal sengsara (22:41). Dengan berpegang pada teks Luk (9:18-20) dapat dipastikan bahwa pengakuan Petrus merupakan saat yang sangat menentukan dalam karya Yesus. Sebelum bertanya-tanya kepada rasul-rasul-Nya, Yesus berdoa secara intensif. Ia mohon terang ilahi bagi para anak didik-Nya.

Pembagian teks ini
Bacaan ini terdiri dari dua bagian:
16:13-16 Pertanyaan Yesus dan pegakuan Petrus;
16:17-20 Janji Yesus kepada Petrus.