154. Jawaban final Yesus (15:27-28a)

Benar – 15:27
Perempuan itu menanggapi Yesus dengan kata, Ya!, artinya membenarkan ucapan-Nya. Tetapi berdasarkan Flp 4:3, (“Kuminta kepadamu juga”) sejumlah ahli mengartikan jawabannya secara lebih luas, yaitu: “Aku tetap minta kepadamu!”
Seandainya interpretasi ini tepat, maka perempuan Kanaan itu tidak mau mengakui prioritas Yahudi, sehingga mulai mendesak, hampir memaksa.

Anjing itu makan remah-remah – 15:27
Perempuan itu bicara tentang anak-anak anjing yang termasuk “keluarga,” sebab disukai, terutama oleh anak-anak.

Besar imanmu -15:28
Perempuan itu sangat mengandalkan Yesus. Ia menantikan keselamatan Yesus bagi putrinya. Dengan menyapa Yesus sebagai Anak Daud dalam ayat 22 ia meniru “pengakuan iman” Yahudi. Tetapi tampaknya ia melakukannya dengan sepenuh hati, bukan dengan bibir saja. Imannya jelas-jelas terkait kuat dengan keinginannya. Yesus justru menanggapi keinginan itu yang diungkapkan dalam doa permohonan. Maka, Ia sangat memuji iman perempuan itu (satu-satunya dalam Injil Matius!). Keinginan itulah mengaktifkan perempuan itu dan membuatnya tabah menghadapi segala hambatan.

Seketika itu – 15:28
Dari kisah sejajar dalam Injil Markus (Mrk 7:30) dapat disimpulkan bahwa Yesus menyembuhkan putri perempuan Kanaan itu dari jauh. Peristiwa serupa dikisahkan dalam Mat 8:5-13 yang bercerita tentang penyembuhan hamba seorang perwira di Kapernaum.
Walaupun penyembuhan putri perempuan Kanaan itu disebut sepintas saja, mukjizat yang dilakukan oleh Yesus berperanan penting sebagai tanda masuknya Kerajaan Allah ke dalam dunia.