Sabtu, 18 September 2021

B-292 – 1Tim 6:13-16 – “Turutilah perintah ini, dengan tidak bercacat dan tidak bercela, hingga pada saat Tuhan kita Yesus Kristus menyatakan diri-Nya” (ay 14)

PERJUANGAN GEMBALA

  1. Paulus berharap, bahwa orang-orang yang memangku tanggungjawab dalam jemaat mau bertanding sampai titik penghabisan dalam pertandingan iman yang benar (ay 12). Jadi yang utama bukannya membela iman terhadap musuh-musuhnya!
  2. Iman adalah perjuangan. Sebab iman itu harus terwujud dalam seluruh kehidupan (ay 11). Iman semacam ini mutlak harus dimiliki orang yang ditugaskan mengajar orang-orag lain.
  3. Pada hari baptisan, masing-masing orang Kristen mengikrarkan ikrar yang benar: iman (ay 12). Akan tetapi ‘ikrar’ ini tidak berhasil., bila tidak disusul dengan usaha “menuruti perintah” (ay 14).
  4. Untuk menyadari, bahwa Allah menuntun jalan manusia, terlebih dahulu perlu mengalaminya secara pribadi. Yesus sebagai manusia pertama “mengikrarkan ikrar yang benar” (ay 13).

Luk 8:4-15 – “Yang jatuh di tanah yang baik itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menyimpannya dalam hati yang baik dan mengeluarkan buah dalam ketekunan” (ay 15)