142. Yesus mendesak murid-murid-Nya (14:22)

Segera mendesak murid-murid-Nya – 14:22
Kata mendesak ini muncul dalam Injil Matius di sini saja. Markus menggunakannya dalam ayat yang sejajar dengan teks Matius ini (Mrk 6:45; dalam Injil Lukas, kata ini muncul dalam 14:23).
Mengapa Yesus mendesak murid-murid-Nya agar secepatnya naik perahu? Berdasarkan Injil Yohanes (Yoh 6:5) dapat disimpulkan bahwa Yesus berbuat demikian mungkin karena khalayak begitu antusias sehingga mau mengangkat-Nya sebagai raja. Mukjizat pergandaan roti ditangkap oleh khalayak ramai sebagai tanda zaman Mesias, sehingga mungkin saja diharapkan keuntungan materiil dari Yesus. Yesus kiranya tidak menghendaki murid-murid-Nya terpengaruh oleh antusiasme semacam ini.
Sama seperti orang banyak, murid-murid pun suka memikirkan kebesaran duniawi Yesus saja (Mat 16:22).

Naik ke perahu – 14:22
Untuk terakhir kalinya, perahu disebut dalam 14:13

Mendahului-Nya – 14:22
Yesus menghendaki murid-murid-Nya berangkat lebih dulu.

Ke seberang – 14:22
Maksudnya: Ke sebelah timur Danau Galilea (Mat 8:18). Menurut Injil Markus (Mrk 6:45), para murid disuruh pergi ke Betsaida yang juga di sebelah timur danau. Tetapi dalam Injil Matius sama sekali tidak disebut kota tujuan murid-murid itu.
Dari data ini dapat disimpulkan bahwa mukjizat pergandaan roti terjadi di sebelah barat danau, mungkin di wilayah Dataran Genesaret. Tidak lama kemudian Yesus akan mengungsi ke daerah Fenisia (Mat 15:21). Setelah berada di wilayah Kaisarea Filipi (Mat 16:13), Yesus akan kembali ke sebelah barat danau.