140. Jumlah saksi pergandaan (14:21)

Kira-kira lima ribu laki-laki – 14:21
Jumlah lima ribu tercantum dalam Mrk 6:44 pula. Penulis memperhatikan jumlah laki-laki saja, sebab mereka yang selalu dipentingkan dalam masyarakat Yahudi zaman itu.
Catatan Matius ini sangat penting, sebab bersama dengan kaum wanita dan anak-anak, jumlahnya besar, yaitu sekitar 20-30 ribu orang (keluarga Yahudi bangga sekali dengan jumlah besar anak!). Peristiwa serupa terulang di kemudian hari dan diceritakan dalam Mat 15:38. Pada waktu itu jumlah penduduk Tanah Israel diperkirakan setengah juta orang. Maka, mukjizat Yesus ini berdampak sosial luas. Jenis mukjizat ini lain sama sekali dari mukjizat penyembuhan.
Sebagaimana dikatakan dalam Pengantar, mukjizat ini menggemakan peristiwa-peristiwa yang dikisahkan dalam PL, khususnya Kel 16 (manna), Bil 11 (burung puyuh), 2Raj 4 (pergandaan roti dan minyak oleh Elisa).
Kisah ini menggambarkan pemberian makanan kepada Israel, sedangkan kisah dalam Mat 15 agaknya menggambarkan pemberian makanan kepada orag-orang bukan Yahudi. Pergantaan roti mengantisipasikan ekaristi, sedangkan ekaristi mengantisipasikan perjamuan dalam Kerajaan Surga.