Kamis, 02 September 2021

B-276 – Kol 1:9-14 – “Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa” (ay 13-14)

MENGERTI DAN BERSEKUTU

  1. Doa syukur rasul Paulus disusul dengan doa permohonan. Paulus berdoa, agar para penerima suratnya pertama-tama memiliki pengetahuan sejati tentang Allah. Yang dimaksudkannya bukan pengetahua intelektual semata-mata, melainkan suatu kemajuan rohani dan persekutuan dengan Allah yang amat konkret! Kemajuan itu nampak dalam karya dan keterlibatan pribadi (ay 9-10).
  2. Tetapi manusia tidak boleh lupa, bahwa Allah tidak mudah dikenal dan dipahami, dan bahwa Ia hanya dapat dikenal melalui hal-hal yang sudah dikerjakan 0leh-Nya bagi manusia (ay 12-14).
  3. Betapa sering, untuk mengenal Allah, kita memperlakukan-Nya sebagai suatu obyek, yang perlu diamat-amati, padahal Allah berada di dalam diri kita dan mengambil bagian dalam usaha memajukan hidup rohani yang telah kita mulai untuk bersekutu dengan-Nya!

Luk 5:1-11 – “Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah qjalamu untuk menangkap ikan” (ay 4).