136. Tergerak oleh belas kasihan (14:13-14)

Setelah Yesus mendengar berita itu – 14:13
Maksudnya berita tentang kematian Yohanes Pembaptis.

Menyingkirlah Ia – 14:13
Sama seperti sebelumnya (Mat 4:12), setelah mendengar berita tentang dipenjarakannya Yohanes Pembaptis, demikian menurut ayat ini pun, setelah mendengar berita tentang terbunuhnya Yohanes (Mat 14:12), Yesus menyingkir. Yesus mempunyai firasat kuat bahwa kematian pendahulu-Nya adalah isyarat kematian-Nya sendiri.
Dalam 13:54-58 diceritakan bagaimana Yesus ditolak di Nazaret. Tidak lama lagi Ia akan menghadapi berbagai tanda penolakan dan permusuhan yang terbuka. Justru karena ditolak, Yesus mulai menyibukkan diri dengan murid-murid-Nya untuk meletakkan dasar kuat bagi Gereja-Nya.
Matius menceritakan tiga “pengasingan” Yesus berturut-turut dalam 14:1-36; 15:1-39; dan 16:1-12. Hasilnya yang terakhir ialah pengakuan Petrus dan pemberitahuan tentang didirikannya Gereja.

Tempat yang terpencil – 14:13
Bobot berita ini tampaknya sangat historis
Tidak jelas, di mana para murid Yesus pada waktu itu. Mereka mungkin di dalam perahu ataupun menyusul kemudian bersama dengan orang banyak yang berjalan kaki untuk bertemu dengan Yesus.

Orang banyak – 14:13
Kata Yunani: okhlos (=orang banyak), sangat sering muncul dalam kitab-kitab Injil.

Mengikuti Dia – 14:13
Orang banyak meninggalkan kota-kota mereka, lalu mengikuti Yesus.

Dengan mengambil jalan darat – 14:13
Aslinya, berjalan kaki.
Terasa adanya kontras antara Yesus yang naik perahu dengan khalayak yang berjalan kaki. Tidak dijelaskan mengapa khalayak berjalan kaki, bukannya naik perahu. Mungkin saja perahu tidak tersedia. Dapat diduga bahwa orang banyak berjalan di pinggiran danau sambil memperhatikan arah lajunya perahu Yesus.

Tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan – 14:14
Ungkapan panjang ini mengacu kepada gerak rohani kasih mendalam yang bersumberkan hati ataupun “rahim” seorang ibu. Ini bukan perasaan belaka melainkan sikap penuh iba yang siap bertindak.

Menyembuhkan mereka yang sakit – 14:14
Kata sakit ini muncul dalam teks Matius saja, dan hanya di sini; selain itu dua kali dalam Markus dan sekali dalam 1Kor. Arti aslinya, tidak berdaya (antara lain karena sakit).
Menurut teks ini, Yesus tidak “mengajar banyak hal” seperti dikatakan dalam Mrk 6:34, dan tidak “bicara tentang Kerajaan” seperti diceritakan dalam Luk 9:11. Inilah tanda bahwa Yesus mencurahkan seluruh perhatian-Nya pada murid-murid-Nya. Ia berusaha mendidik mereka sebagai calon-calon pemimpin Gereja.