Minggu, 15 Agustus 2021 ; HR. SP MARIA DIANGKAT KE SURGA

B-259 – Why 11:19a; 12:1-6a.10ab – “Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya” (ay 1)

PERJUANGAN WANITA

  1. Perempuan (ay 1), yang berselubungkan keagungan, melambangkan umat Allah: pertama-tama Israel lama, bangsa yang melahirkan Yesus menurut daging, tetapi juga Israel baru, yaitu Gereja, Tubuh Kristus. Kedua Israel ini bergumul dengan aniaya-aniaya yang dilancarkan oleh naga (ay 3), yaitu Iblis, yang dalam t eks ini digambarkan melalui lambang-lambang kekuasaan. Anak laki-laki yang dilahirkan oleh perempuan itu tentu saja ialah Mesias (ay 5), baik dalam kenyataan historisnya maupun dalam hidup mistik-Nya, yaitu yang berkembang dalam diri orang-orang Kiristen. Naga akan dikalahkan dan seluruh kuasanya akan diberikan Allah kepada Mesias (ay 10).
  2. Teks ini segera diterapkan Gereja pada perawan Maria. Penerapan ini dapat dibenarkan, sejauh misteri Bunda Maria menjadi salah satu unsur misteri Gereja serta menjelaskannya.

Luk 1:39-56 – “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu” (ay 38)