Selasa, 10 Agustus 2021 ; St. Laurentius

B-254 – 2Kor 9:6-10 – “Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang manabur banyak, akan menuai banyak juga” (ay 6)

DERMA DAN SYUKUR

  1. Untuk membujuk orang-orang Kristen, supaya mereka tidak segan mengeluarkan sebagian hartanya, lembaga-lembaga karitatif yang ada di zaman sekarang, mencari segala macam akal! Akibatnya: Orang memberi derma, dengan harapan akan mendapat ganti berlipat-lipat.
  2. Paulus mempunyai pendapat tersendiri mengenai derma. Hal ini tampak dengan jelas pula, waktu ia mengkoordinir pengumpulan dana besar, guna membantu saudara-saudara Kristen di kota Yerusalem.
  3. Derma, menurut Paulus, harus diberikan dengan sukarela, dengan ikhlas lagipula harus dilandasi kesadaran, bahwa segala sesuatu yang telah kita miliki, kita terima dari Allah. (ay 7).
  4. Kalau itu terjadi, maka orang miskin pun akan dapat mengucap syukur kepada Allah, yang dalam hati orang yang kaya-raya sudi membangkitkan kasih persaudaraan yang benar-benar ikhlas itu.

Yoh 12:24-26 – “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah” (ay 24)