Senin, 2 Agustus 2021

B-246 – Bil 11:4b-15 – “Aku seorang diri tidak dapat memikul tanggung jawab atas seluruhy bangsa ini, sebab terlalu berat bagiku” (ay 14)

ROTI DUNIAWI, ROTI SURGAWI

  1. Dalam bacaan ini tersirat sebuah tradisi yang amat kuno mengenai manna di padang gurun serta mengenai keputusasaan Musa terhadap ‘sungutan’ rakyat, yang terus-menerus mendambakan makanan Mesir. Tetapi bukankah manna itu terutama roti kemerdekaan, artinya roti yang dapat dimakan bangsa Israel sebagai bangsa yang sudah merdeka? Bila ditinjau dari sudut ini, bukankah manna itu roti sorgawi?
  2. Dari bacaan ini dapat disimpulkan, bahwa yang penting dalam makanan ialah penggunaannya. Tetapi bila makanan tidak dipakai sesuai dengan tujuannya, melainkan untuk mencari keuntungan saja, apakah masih ada kemungkinan untuk menghubungkan makanan seharihari dengan firman Allah yang sebenarnya juga harus dilihat sebagai suatu santapan?

Mat 14:13-21 – “Mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, dua belas bakul penuh” (ay 20)