74. Panggilan Matius (9:9)

Pergi dari situ – 9:9
Kata Yunani parago, pergi dapat berarti “berangkat” dan “lewat,” tetapi di sini tidak terlalu jelas arti mana yang dimaksudkan. Padahal arah perjalanan Yesus dalam kisah ini cukup penting. Rumah cukai pasti di luar kota. Barang-barang yang dibawa dari wilayah kuasa Filipus (dari sebelah timur laut Danau Galilea) ke dalam wilayah kuasa Herodes Antipas (Galilea) dan sebaliknya, dikenai bea cukai.
Berdasarkan ayat ini dan data yang tersaji dalam 9:1, pada saat itu Yesus dapat saja bergerak ke luar Kapernaum atau justru meninggalkan Danau Galilea dan sedang menuju Kapernaum.

Duduk di tempat pemungutan cukai – 9:9
Orang yang duduk di “rumah cukai” ialah pemungut cukai (tax collector). Tempat itu pasti amat sederhana.

Bernama Matius – 9:9
Matius ialah bentuk Yunani sebuah nama Ibrani yang searti dengan “pemberian Allah.”
Dalam Mrk 2:14 dapat dibaca kisah panggilan serupa dengan yang disajikan dalam teks Matius ini, tetapi orang yang dipanggil Yesus itu ternyata bernama Lewi anak Alfeus. Dalam Luk 5:27, namanya Lewi saja. Barangkali Matius dan Lewi adalah nama orang yang sama, tetapi tidak jelas, mengapa dalam kitab Injil ia diberi dua nama yang berlainan. Tetapi ada kemungkinan pula bahwa penulis kisah ini menggantikan nama Lewi, seorang pemungut cukai yang tidak dikenal, dengan nama Matius, salah seorang dari kedua belas rasul. Sebab dalam daftar rasul (10:3) disebut seorang pemungut cukai.
Penulis Injil Matius pati menghormati Matius secara khusus. Tetapi ia memperkenalkannya dalam kelompok murid-murid Yesus sebagai pemungut cukai. Dengan cara ini ia memperkenalkan seorang murid-tipe, hasil penggilan Yesus. Dalam 11:19 Yesus diperkenalkan oleh penulis Injil Matius sebagai “sahabat pemungut cukai dan orang berdosa.”
Ada juga pendapat bahwa nama Matius dalam ayat ini berperan sebagai “permainan kata:” Matius adalah seorang mathethes, yaitu murid.
Nama Matius muncul dalam keempat daftar para rasul (Mat 10:3; Mrk 3:18; Luk 6:15; Kis 1:13). Tidak diketahui apa-apa tentang hidupnya.
Matius yang disebut dalam ayat ini jangan begitu saja disamakan dengan penulis Injil Matius! Mungkin saja dalam kelompok para rasul ada seorang yang pandai menulis (seorang pemungut cukai harus pandai menulis!) dan mungkin saja ia mengumpulkan ucapan-ucapan Yesus lalu menyusunnya secara tertulis. Namun, rasul itu bukan redaktur final Injil Matius. Siapa orangnya? (bacalah 13:52).

Ikutlah Aku – 9:9
Ungkapan ikutlah Aku searti dengan “jadilah murid-Ku.” Maksudnya bukan hanya mengikuti secara fisik dan geografis saja!