Rabu, 09 Juni 2021

B-193 – 2Kor 3:4-11 – “Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup” (ay 3)

MUSA DAN PAULUS

  1. Orang-orang Kristen-Yahudi, yang tetap berkiblat kepada agama lama dan menaburkan kegelisahan di dalam jemaat-jemaat yang didirikan Paulus, memperkenalkan diri sebagai murid-murid Musa. Mereka melontarkan tuduhan, bahwa Paulus bermaksud menyingkirkan Musa, leluhur yang agung itu.
  2. Dalam teks ini rasul Paulus membandingkan pelayanan Musa dengan pelayanannya sendiri. Yang satu dikenal dari huruf hukum, kematian, kemuliaan yang cepat pudar (ay 6.7). Yang lain dikenal dari Roh, kehidupan, kemuliaan yang melampaui segala sesuatu (ay 6.9.10). Musa tidak sanggup mengatasi dosa bangsa maupun mematahkan kuasa kematian. Paulus memaklumkan, bahwa dosa dan kematian, yang dikalahkan dalam Yesus Kristus, bukan penghalang lagi bagi persekutuan manusia dengan Allah.

Mat 5:17-19 – “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya” (ay 17)