Selasa, 26 Januari 2021

St. Timotius dan Titus

B-059 – Tit 1:1-9 – “Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini, supaya engkau mengatur apa yang masih perlu diatur dan supaya engkau menetapkan penatua-penatua di setiap kota” (ay 5)

MEMIKIRKAN MASA DEPAN GEREJA

  1. Zaman para rasul hampir-hampir sudah berakhir. Jumlah orang Kristen semakin besar. Maka terasa pula perlu adanya suatu oranisasi yang memadai.
  2. Paulus berharap, bahwa Titus, teman sekerjanya, yang kini bertugas di Kreta, sudah memikirkan susunan organisasi jemaatnya. Jemaat-jemaat Kristen, sesuai dengan tradisi orang-orang Yahudi, harus mempunyai orang yang bertanggung jawat atas keseluruhan, yaitu semacam Dewan Penatua. Akan tetapi Titus harus mengangkat Dewan tersebut (ay 5) untuk menunjukkan, bahwa Dewan itu bukan cetusan jemaat Kristen sendiri saja.
  3. Dan bagaimana sikap serta keutamaan hati yang perlu dimiliki para penatua, yaitu anggota-anggota Dewan tersebut? Mereka harus tidak bercacat (ay 5, 7), harus seimbang dan berkepribadian utuh (ay 8). Mereka harus dijiwai kasih terhadap isteri dan anak-anak mereka, yang benar-benar dapat dijadikan teladan (ay 6,8). Selain itu mereka harus ramah terhadap para tamu (ay 8).
  4. Dan apakah tugas mereka itu? Mereka harus memegang pimpian jemaat (ay 7) serta mengajarkannya (ay 9).

Luk 10:1-9 – “Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala” (ay 3)