40. Syarat-syarat menjadi pembimbing rohani

  1. Masih tentang bimbingn rohani. Bimbingan rohani diperlukan oleh orang-orang yang belum berpengalaman dalam hidup rohani. Sedangkan bimbingan rohani diberikan oleh orang yang mahir dalam hidup rohani menurut spiritualitas tertentu, misalnya spiritualitas Ignatian, Fransiskan, dll. Bimbingan rohani ini mutlak diperlukan untuk menghindarkan kesalahan-kesalahan fatal dalam hidup rohani.
  2. Pembimbing rohani
    Pembimbing rohani ialah orang yang mengantar seseorang ke pengalaman rohani dan religius. Tentu saja, seorang pembimbing rohani ialah orang yang mempunyai pengalaman hidup rohani. Karena itu dia mampu melatih dan menghantar orang lain ke dalam pengalaman rohani, pengalaman hidup dalam Roh. Sarana untuk masuk ke dalam pengalaman rohani itu ialah doa, maka seorang pembimbing rohani ialah pertama-tama orang yang berdoa dan tahu bagaimana melatih berdoa. Pembimbing rohani harus tahu dan kenal akan macam-macam metode doa, kegunaan metode doa dan tahu isi teologis doa-doa itu.
  3. Syarat-syarat menjadi pembimbing rohani:
    a). Seorang pembimbing rohani harus sudah mengalami sendiri liku-liku pembedaan Roh dalam hidupnya, sehingga yang dikomunikasikan adalah pengalaman hidup dalam Roh, bukan pengetahuan dan teori.
    b). Memiliki sikap penyangkalan diri dan intensi murni.
    c). Sudah harus “selesai” dengan dirinya sendiri.
    d). Orang yang mempunyai cinta akan keselamatan jiwa-jiwa. Maka seorang pembimbing rohani harus mampu mengarahkan seseorang kepada jalan Allah dan bagaimana mencapainya.
    e). Harus mempunyai pengetahuan yang cukup tentang Kitab Suci.
    d). Mempunyai kemampuan dan pengalaman membeda-bedakan roh serta penegasan rohani.
    e). Orang yang akrab dengan Allah. Seorang pendoa sejati.
    f). Memiliki bakat dari dalam dirinya.
    g). Orang yang mudah berkomunikasi.
  4. Apakah orang yang aku anggap sebagai pembimbing rohani sudah tepat, dalam arti memenuhi syarat sebagai pembimbing rohani? Apakah aku memiliki kemampuan sebagai pembimbing rohani sesuai dengan syarat-syarat tersebut?

Leave a Reply